Banyak Pegawai yang Bolos Dihari Pertama Kerja, Sekda Merangin Mengaku Kecewa - visi jambi

Home Top Ad

Rabu, 03 Januari 2018

Banyak Pegawai yang Bolos Dihari Pertama Kerja, Sekda Merangin Mengaku Kecewa


Sekretaris Daerah (Sekda) Merangin, Sibawaihi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di lingkungan Sekretariat daerah (Setda) Merangin, Selasa (2/1) pagi.

VISIJAMBI.COM, BANGKO – Dihari pertama masuk kerja pasca libur panjang natal dan tahun baru, ternyata masih banyak pegawai di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Meranginyang menambah libur.

Padahal waktu libur sudah sangat panjang diberikan kepada abdi negeri tersebut terhitung sejak 23 Desember lalu.
Hal ini diketahui saat Sekretaris Daerah (Sekda) Merangin, Sibawaihi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di lingkungan Sekretariat daerah (Setda) Merangin, Selasa (2/1) pagi.Sekda langsung masuk ke ruang-ruang kerja bagian di Sekretariat Daerah Pemkab Merangin.
Pertama Sekda masuk ke Bagian Humas dan Protokol.
Sekda bersama rombongan kemudian bertolak ke Ruang Bagian Umum.
Di ruang Kabag Umum Sekda merasa kecewa, sebab Kabag Umum Tantri dan seluruh Kasubbagnya tidak berada di tempat.
Rombongan Sekda selanjutnya, mendatangi satu persatu ruang kerja bagian-bagian lainnya di Setda Merangin.
Dari Sidak ke ruangan-ruangan kerja itu, Sekda menjumpai berbagai temuan.
Beberapa pegawai banyak ditemukan sedang merokok di meja kerja.“Saya intruksikan tidak ada merokok di meja kerja dan tolong Satpol PP kumpulkan seluruh asbak rokok, bawa ke ruang kerja saja,” ujar Sekda.
Selain itu, Sekda juga menemukan berbagai barang infentaris kantor yang sudah tidak terpakai diterlantarkan.
Kondisi itu menimbulkan pemandangan yang tidak nyaman, termasuk ada kloset WC yang dibiarkan dipinggiran gedung kantor.
Dalam sidak tersebut sedikitnya Sekda menemukan sebanyak 83 pegawai negeri sipil (PNS) dan non PNS tidak masuk kerja dengan tanpa keterangan.
“Saya kecewa sekali, karena banyak pegawai yang tidak disiplin. Tadi saya Sidak dilingkungan Setda yang seharusnya menjadi berometer bagi OPD lain, justru 83 pegawai tanpa keterangan. Bahkan ada pejabatnya juga,” kata Sibawaihi.
Terkait banyaknya pegawai yang tidak masuk kerja tanpa keterangan, ditegaskan Sekda akan memberikan teguran tertulis untuk PNS.
“Kalau non PNS tanpa keterangan yang jelas, tidak menutup kemungkinan saya berhentikan. Seharusnya pegawai Setda menjadi berometer bagi yang lainnya,” tegas Sekda.
Selain lingkungan Setda, Sibawaihi juga akan melihat absensi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.
“Saya akan mengumpulkan absen pegawai OPD lainnya. Yang tanpa keterangan saya beri teguran tertulis langsung, indisipliner saya tegakkan,” jelasnya.
Sebelum melakukan sidak Sekda terlebih dahulu mengambil apel kedisiplinan.Pada apel yang berlangsung di halaman tengah Kantor Bupati Merangin tersebut, Sekda menekankan kepada seluruh pagawai, pentingnya menegakan disiplin kerja, baik pada apel pagi, maupun apel sore.
“Saya tegaskan, bagi tenaga kontrak yang tidak ada pada apel pagi ini tanpa alasan yang jelas, langsung saya berhentikan. Untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) jika tidak ikut apel pada pagi ini, akan saya mutasi,” ujar Sekda.
Sudah lebih dari Rp 27 miliar lanjut Sekda, dana negara untuk menggaji tenaga kontrak. Namun untuk apa bila yang digaji malas-malasan, lebih baik diberhentikan saja, karena masih banyak orang yang ingin menjadi tenaga kontrak.(*) 

Sumber TRIBUNJAMBI.COM

Penulis: heru
Editor: rida



Tidak ada komentar:

Posting Komentar