Din Syamsuddin: Pancasila Kristalisasi Nilai-Nilai Islam - visi jambi

Home Top Ad

Minggu, 14 Januari 2018

Din Syamsuddin: Pancasila Kristalisasi Nilai-Nilai Islam

visijambi.com, Jakarta - Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban, Din Syamsuddin, menegaskan Islam dan Pancasila berelasi secara selaras. Hal itu disampaikan Din dalam Seminar Kebangsaan bertema Hubungan Islam dan Pancasila di Gedung Teja Buana, Jakarta Pusat.
"Pancasila itu upaya mengkristalisasi nilai-nilai Islam atau yang disebut ideologisasi Islam,” kata Din, Rabu (13/12/2017).

Karena itu, Din menegaskan tidak ada pertentangan antara Islam dan Pancasila. Ia menengarai hubungan Islam dan Pancasila sangat erat.
Dari sisi historis, Pancasila lahir dari Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Di dalamnya, juga banyak tokoh-tokoh Islam.
Mereka saling melengkapi dan mewarnai corak Pancasila yang khas. Ia mencontohkan adanya Soekarno yang banyak mempelajari pemikiran politik dunia hingga tokoh yang punya pandangan keagamaan yang kuat.
"Itu paling tidak bisa jadi satu indikator pengaruh Islam, pengaruh founding father sangat tersedia. Oleh karena itu, hubungan Islam dengan Pancasila sangat baik," papar dia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar