Bulan Pertama Berakhir, Bagaimana Realisasi Dana Desa di Tahun 2018? - visi jambi

Home Top Ad

Minggu, 25 Februari 2018

Bulan Pertama Berakhir, Bagaimana Realisasi Dana Desa di Tahun 2018?


VISIJAMBI.COM , Dana alokasi daerah dan desa dianggarkan sebesar 766,2 triliun untuk tahun 2018. Sekitar 7 persen dari anggaran tersebut dipergunakan khusus untuk pembangunan desa sebanyak 60 triliun. Angka ini cukup besar, tetapi melalui diskusi intensif oleh sinergi beberapa kementerian, anggaran desa ditetapkan demi kebangkitan perekonomian desa.

Berdasarkan skema penyaluran, dana itu akan dicairkan sebanyak tiga tahap pencairan. Rencana semula, 20 persen dari anggaran akan dicairkan di bulan pertama. Rencana kedua dan ketiga besarannya sama, yaitu 40 persen. Menurut perhitungan, sebanyak 12 triliun harus dicairkan untuk desa pada tahap pertama.

Berdasarkan realisasi pengusutan dana pada tahap I Januari 2014, sebanyak 17 daerah tingkat II tercatat menjadi penerima Dana Desa. Ketujuh belas daerah tersebut adalah Kabupaten Cianjur, Kabupaten Batang, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Madiun, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Sambas, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Barito Kuala, dan Kota Tidore kepulauan.

Melalui data yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia di Jakarta, 29 Januari 2018, dana yang tersalurkan untuk daerah penerima baru tersalurkan 5,08 persen atau 610 milyar rupiah.

Tantangan realisasi ini hendaknya menjadi bahan evaluasi pihak penyalur dana desa karena dengan jumlah desa sebanyak 17 desa dan 400-an daerah, dana desa harus diatur sedemikian bijak oleh jajaran menteri di Indonesia. Proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengaturan dana desa diatur dengan detail. Misalnya, dana yang harusnya dijanjikan sebelum 25 Januari belum teralisasi penuh hingga akhir Januari 2018. Kegunaan dana diperuntukkan untuk masyarakat setempat. Sebab, sesuai impian dana desa, kebijakan ini digunakan untuk menarik semua pengangguran dan mengentaskan kemiskinan.

Editor :vj

sumber : bernas.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar