Melalui Jalur SNMPTN Universitas Jambi Terima 2.600 Mahasiswa - visi jambi

Home Top Ad

Kamis, 22 Februari 2018

Melalui Jalur SNMPTN Universitas Jambi Terima 2.600 Mahasiswa


VISIJAMBI.COM, JAMBI - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) mulai dibuka, Rabu, 21 Februari. Bagi anda siswa kelas XII segera daftarkan diri dari sekolah anda sebelum 6 Maret 2018. Ada 85 Perguruan Tinggi (PT) yang menjadi pilihan anda, satu di antaranya Universitas Jambi (Unja).

Humas Universitas Jambi Akbar mengatakan Unja menerima calon mahasiswa sebanyak 35 persen dari jumlah kuota 7.500 orang yang hendak diterima. "Kuota tersebut lebih tinggi dari yang ditetapkan pusat, yaitu minimal 30 persen," kata Akbar Rabu (21/2).

Kuota 35 persen tersebut berada di angka sekitar 2.600 peserta. Tidak perlu takut, Unja melakukan tiga gelombang penerimaan, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Syarat yang diberlakukan langsung dari pusat dan melalui sekolah yang bersangkutan. "Kami menyebutnya jalur prestasi, lalu sekolah yang mengajukan," jelasnya.

rosesnya, sekolah yang mengisi data di pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS), verifikasi dan finalisasi. Data masuk ke panitia pusat, lalu diolah dan masuk ke Unja. Akbar juga mengingatkan memilih perguruan tinggi tidaklah sembarangan dan tidak bisa dipaksakan. Calon mahasiswa diharapkan dapat mengetahui kemampuan diri sendiri.

Semua siswa SMA/SMK/ atau sederajat kelas XII bebas memilih perguruan tinggi. Calon mahasiswa yang mendaftar diurutkan berdasarkan tertinggi dan prestasi. Hal itu yang menjadi basis penilaian secara nasional. Unja sendiri pasti memilih mereka yang terbaik untuk mengisi 88 Prodi dari 14 Fakultas.
Fakultas yang menjadi favorit di Unja yaitu Fakultas Kedokteran, Hukum, Keguruan, Ekonomi dan Teknik yang lagi naik daun. "Favorit per prodi yaitu Kedokteran, Ilmu Hukum, Akutansi dan Pendidikan Bahasa Inggris," tutur Akbar.

Kata Akbar, kalau ada universitas terbaik di provinsinya, silakan memilihnya. "Bukan berarti tidak bisa memilih kampus lain," tegasnya.

Memilih Unja bukanlah hal yang salah, sebab merupakan kampus tertua di Provinsi Jambi. Kemudian, Unja sekarang berbeda dengan kampus sebelumnya. Unja sudah punya 14 Fakultas S1, dan 1 Pascasarjana. 88 Prodi S1, 24 Prodi S2 dan 4 Prodi S3. "Artinya Unja sudah lengkap. Kami mengharapkan putra putri terbaik Jambi mengisinya" pungkasnya.

Editor: vj

Sumber: Tribun Jambi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar