Sekitar 22 Ribu Masyarakat Kab. Merangin Belum Rekam E-KTP - visi jambi

Home Top Ad

Rabu, 07 Februari 2018

Sekitar 22 Ribu Masyarakat Kab. Merangin Belum Rekam E-KTP

VISIJAMBI.COM, BANGKO - Hingga bulan kedua tahun 2018 ini masih banyak masyarakat yang belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).
Jumlahnya masih sangat banyak, yakni sekitar 22 ribu jiwa.

Tidak hanya yang belum direkam, saat ini juga terdapat E-KTP yang belum bisa dicetak. Jumlahnya mencapai sekitar 9.900 jiwa.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kabupaten Merangin, Jailani dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya masih mengejar agar perekaman tersebut bisa maksimal.
“Yang belum rekam masih sekitar 22 ribu jiwa. Pada awal tahun ini, ada yang sudah direkam dan dicetak jumlahnya sekitar 4.200 jiwa. Dan yang belum dicetak sekitar 9.900 jiwa,” ungkapnya.
Menurutnya, data yang yang sudah direkam tersebut sudah dikirim ke pusat. Ada data yang sudah diproses, namun juga ada data yang belum diproses.

“Jika tidak masalah data tersebut bisa dicetak, sekitar 6.000 data sudah masuk, Akan berubah menjadi data yang bisa dicetak, diperkirakan maret sudah bisa dicetak. sisanya sekitar 3.900 data akan diproses sehingga menjadi siap cetak,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk memaksimalkan jumlah masyarakat yang melakukan perekaman, pihaknya mengambil langkah dengan turun langsung ke lapangan, atau biasa dikatakan gerakan jemput bola.
“Kita membuat rancangan kegiatan, dengan melakukan perekaman ke lapangan. Karena jika hanya menunggu kurang maksimal, bahkan sudah ke lapangan juga belum juga maksimal,” katanya.
"Pemilih juga menggunakan E-KTP, maka akan kita dorong perekaman sehingga maksimal, dengan koordinasi dengan KPU. Dan Juni kita akan kejar perekaman bagi siswa, yang umurnya masih 16 tahun, dan pada tahun depan umurnya sudah 17 tahun, sehingga bisa memilih pada pemilu 2019,” pungkasnya. (*)


Sumber : tribunjambi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar