Mau Mudik ke Solo Lewat Tol, Begini Loh Penampakannya - visi jambi

Home Top Ad

Jumat, 09 Maret 2018

Mau Mudik ke Solo Lewat Tol, Begini Loh Penampakannya


Pembangunan Jalan Tol Semarang-Solo Seksi IV dan V.

VISIJAMBI.COM -  Dalam waktu 99 hari lagi, masyarakat Indonesia yang beragama muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Seperti biasanya, pada waktu tersebut ada ritual tradisional untuk berbodong-bodong Mudik Lebaran ke kampung halaman.

Untuk itu, sejumlah sarana dan prasarana pendukung kegiatan Mudik Lebaran terus dikebut pembangunannya. Salah satunya adalah pembangunan jalan tol Trans Jawa yang dikebut untuk tersambung keseluruhan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun terus mengebut proyek tersebut. Salah satunya adalah ruas Tol Semarang-Solo seksi IV dan V yang akan menghubungkan Salatiga dan Kartasura sepanjang 32,24 kilometer.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau Tol Semarang-Solo. (Foto: VIVA.co.id/Dusep Malik)

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, pada Mudik Lebaran 2018, ruas tol Semarang-Solo seksi IV dan V tersebut ditargetkan akan bisa dimanfaatkan oleh para pemudik yang akan menuju Solo Jawa Tengah.

Menurut dia, ruas proyek tol yang dibiayai oleh dukungan viability gap fund (VGF) atau bantuan pemerintah tersebut akan dibuka secara fungsional, saat arus Mudik dan Balik Lebaran tahun ini.
Saat ini, lanjut Basuki, pembebasan lahan di Seksi IV dan V sudah mencapai 98 persen. Adapun dua persen sisanya diterapkan dengan skema sewa lahan. Dengan demikian, pekerjaan konstruksi dapat dipercepat.

"Tol ini, nantinya bisa dilalui, kecuali di Kali Kenteng yang merupakan titik kritis. Pembangunan Jembatan Kenteng sepanjang 496 meter miliki tinggi 40 meter yang progresnya sudah 48 persen," kata Basuki dalam keteranganya, dikutip Jumat 9 Maret 2018.

Pembangunan Jembatan Kali Kenteng di Tol Semarang-Solo Seksi IV dan V. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

Ia mengungkapkan, dengan fungsionalnya Tol Salatiga-Kartasura, nantinya akan melengkapi Tol Semarang hingga Salatiga (Seksi I-III) sepanjang 40,41 km yang telah beroperasi secara penuh.

Perlu diketahui, Tol Semarang-Solo dibangun dengan investasi lebih dari Rp7 triliun. Badan Usaha Jalan Tol yang melakukan pengusahaannya adalah PT Trans Marga Jateng dengan komposisi sahamnya dimiliki oleh PT Jasa Marga, PT Astratel Nusantara dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah. Tol Semarang-Solo ditargetkan beroperasi penuh pada akhir 2018.


Editor : Syahyudin
Sumber : viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar